#17an Risa : Indonesia Rumah Bersama




Oleh Risa Sarah Septiarani / @risarahs
Dalam buku kompilasi "Indonesia Rumah Bersama" Download Buku Ini



Saya suka sekali dengan tema Untuk Harmoni kali ini yang bertujuan untuk memperingati HUT RI ke-68 yaitu “Indonesia Rumah Bersama”. Kenapa ya saat saya membaca tema ini, berbagai perasaan muncul seperti senang, bangga, haru sekaligus sedih.

Perasaan senang, bangga dan haru bahwa memang ternyata bangsa kita tercinta ini yaitu Indonesia adalah “rumah” di mana berbagai macam suku, agama, dan kewarganegaraan ada. Are you realize that buddies? Dan seharusnya yang berada di dalamnya harus merasakan kenyamanan seperti rasanya teman-teman saat berada di rumah masing-masing.

Rumah bagaikan tempat teman-teman untuk berteduh, berlindung dan merasakan nyaman, bukan? Dan itu sudah berlangsung sejak lama, sejak kerajaan-kerajaan di Indonesia masih kokoh berdiri sampai sekarang. Di mana para saudagar dari Cina, Belanda, Portugis dan berbagai bangsa lain sering singgah di Indonesia, baik untuk melakukan transaksi atau sekedar beristirahat.

Salah satu faktor yang menyebabkan mereka kembali lagi ke Indonesia karena kehangatan dari masyarakat Indonesia itu sendiri yang kembali lagi menimbulkan perasaan seperti di “rumah”.

Sedih karena seringkali konsep “rumah bersama” yang seharusnya memang menjadi jati diri bangsa kita ini malah membuat banyak perselisihan. Dapat dilihat banyak bentrokan antarwarga yang mengatasnamakan perbedaan agama atau perbedaan suku sebagai penyebabanya. Tidakkah kalian sadar bahwa perbedaanlah yang membuat bangsa kita indah dengan berbagai macam keragamannya?

HUT-RI yang bisa kita rasakan dan kita rayakan sekarang ini juga berkat perjuangan yang tiada kenal lelah dari para pejuang kita, tanpa kenal perbedaan. Semua bersatu. Kalau tidak bersatu, apakah bisa kita menikmati kemerdekaan yang luar biasa indah ini?

_ Risa Sarah Septiarani | @risarahs _ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com