Dialog100 : Panduan Penulisan

Terlalu banyak suara kebencian di luar sana, dan perdamaian kalah vokal. Di sisi lain, dialog lintas iman selama ini hanya dari mimbar ke seminar. Kita butuh yang akar rumput, di mana orang awam bisa mengerti. 

Maka kami mengajak pecinta damai untuk menulis kisah pribadi. Soal persahabatan lintas-iman. Kisah yang terkumpul akan dibukukan pada Hari Toleransi Internasional, 16 November 2013.

Menulis Apa?

  • Tulisan berbentuk kisah pribadi, bukan naskah akademik. Isinya bisa pengalaman, pemikiran, curhat atau harapan (mirip kisah dalam serial Chicken Soup). Gagasan ilmiah boleh dicantumkan, tapi tidak jadi pembahasan inti. 
  • Tema besar buku adalah “persahabatan lintas-iman”. Penulis bisa memilih subtema sebagai berikut :
  1. Merubuhkan prasangka : Misalkan ketakutan pribadi terhadap orang agama X, yang kemudian tidak terbukti. Contoh lain adalah pengalaman pergi ke tempat asing dan dibantu oleh orang dari agama atau suku lain.
  2. Bersama dalam beda : Misalkan pertemanan Anda dengan orang yang beda iman, bagaimana serunya bisa berbagi, jalan-jalan bersama atau lainnya. Contoh lain adalah pengalaman bekerjasama untuk kegiatan lintas-iman, misalkan donor darah, bakti sosial, sekolah jalanan dan sebagainya.
  3. Saling memperkaya : Misalnya bagaimana Anda semakin kuat dalam agama Anda ketika Anda berinteraksi dengan pemeluk agama lain. Contoh lainnya adalah refleksi Anda tentang nilai-nilai agama Anda sendiri, dan bagaimana sebaiknya umat Anda melaksanakan agamanya secara damai.
  4. Subtema bebas : Kisah-kisah yang menurut Anda di luar yang tiga sub di atas. Tetap diperbolehkan selama relevan dengan kisah persahabatan lintas iman.
  • Panjang tulisan 1-2 halaman A4, spasi 1,5. Ketentuan teknis lainnya bebas.
  • Boleh sertakan dokumentasi pendukung cerita 1-2 buah. 
  •  Beri judul file Nama_Judul misalnya Ahmad_Teman Kristenku yang Baik 
  •  Simpan dalam format .DOC atau .DOCX (Khusus untuk Microsoft Word 2010 mohon pada bentuk .DOC 2003 saja) Bukan dalam format .PDF.
Bagaimana Ikut Serta? 
  • Attach (lampirkan) file, bukan di badan email
  • Sertakan juga :
  1. Foto diri (minimal besarnya 720 x 960 pixel)
  2. Profil singkat (4-7 kalimat misalnya soal keluarga, kerja, kuliah, organisasi, hobi, dan lain-lain)
  3. Biodata berisi nama lengkap, domisili, agama dan suku (boleh tidak dicantumkan bila keberatan), blog facebook twitter (jika ada)
  • Mohon kirimkan kisah Anda ke e-mail riotuasikal@gmail.com 
  • Waktu pengiriman mulai Senin, 26 Agustus - Senin, 30 September 2013 pukul 23.59 WIB

Seluruh naskah yang masuk akan diedit seperlunya. Sebanyak 100 naskah akan dijadikan buku “Dialog 100” pada Hari Toleransi Internasional, 16 November 2013 mendatang.

Catatan : Ini adalah program non-profit. Kami belum dapat menyediakan honor untuk tulisan yang dibukukan. Seluruh hasil distribusi buku akan digunakan untukkampanye lintas-iman dan perdamaian. Pengelolaan dana dipercayakan pada Jaringan Kerja Antarumat Beragama (Jakatarub) di Bandung.

Bagilah cerita Anda selama penulisan lewat Twitter dengan tagar #Dialog100 dan #HariToleransi. 

Pertanyaan Lebih Lanjut?
Hubungi Rio Tuasikal
No. Ponsel  0852 2255 3328
Twitter @riotuasikal
 


3 komentar:

  1. semoga Allah memberikan will kepada saya untuk turut menulis. Amien.

    BalasHapus
  2. Semoga bisa menyelesaikannya. Ini keren ;)

    BalasHapus
  3. masih sempet gak ya nulis sekarang? hehe...

    BalasHapus

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com